Piaggio
didirikan di Genoa, Italia pada tahun 1884 oleh Rinaldo Piaggio. Bisnis
Rinaldo dimulai peralatan kapal. Tapi di akhir abad, Piaggio juga
memproduksi Rel Kereta, Gerbong Kereta, body Truck, Mesin dan Kereta
api. Pada Perang Dunia I, perusahaannya memproduksi Pesawat Terbang dan
Kapal Laut. Pada tahun 1917 Piaggio membeli pabrik baru di Pisa dan 4
tahun kemudian Rinaldo mengambil alih sebuah pabrik kecil di Pontedera
di daerah Tuscany Italia.
Pabrik di Pontedera inilah yang mana menjadi Pusat produksi pesawat terbangnya (baling-baling, Mesin dan Pesawat) Selama Perang Dunia II, pabrik di Pontedera membuat P108 untuk mesin Pesawat dua penumpang dan Versi Pembom.
Pabrik di Pontedera inilah yang mana menjadi Pusat produksi pesawat terbangnya (baling-baling, Mesin dan Pesawat) Selama Perang Dunia II, pabrik di Pontedera membuat P108 untuk mesin Pesawat dua penumpang dan Versi Pembom.
Bangkit
Enrico
Piaggio mengambil alih perusahan ayahnya (Rinaldo). Enrico memutuskan
untuk fokuskan perhatian perusahaannya pada masalah personal Mobility
yang dibutuhkan masyarakat Italia. Kemudian bergabunglah Corradino
D’Ascanio, Insinyur bidang penerbangan yang berbakat yang merancang,
mengkonsep dan menerbangkan Helikopter Modern Pertamanya Piaggio.
D’Ascanio membuat rancangan yang simple, ekonomis, nyaman dan juga
elegan. D’Ascanio memimpikan sebuah revolusi kendaraan baru. Dengan
mengambil gambaran dari teknologi pesawat terbang, dia membayangkan
sebuah kendaraan yang dibangun dengan sebuah “Monocoque” atau Unibody Steel Chassis.
Garpu depan seperti Ban mendarat sebuah pesawat yang mana mudah untuk
penggantian ban. Hasilnya sebuah design yang terinspirasi dari pesawat
yang sampai saat ini berbeda dengan kendaraan yang lain. Saat melihat
kendaraan itu, Enrique Piaggio berkata “ Sambra Una Vespa” ( terlihat seperti Tawon ). Frame
depan dirancang untuk melindungi pengendara dari debu jalanan. Pada
Akhir 1949, telah di produksi 35000 unit dan dalam 10 tahun telah
memproduksi 1 Juta unit dan pada pertengahan tahun 1950, vespa telah
diproduksi di German, Great Britain, Prancis, Belgia, Spanyol dan tentu
di Italia. Selama tahun 1960-an dan 1970-an Vespa menjadi simbol dari
revolusi gagasan pada waktu itu. Dan cerita terus berlanjut saat ini
dengan model generasi baru Vespa, mempersembahkan Vespa ET2, Vespa ET4,
Vespa Granturismo dan Vespa PX150. Vespa bukan hanya sekedar Scooter
tapi salah satu Icon besar orang Italia.
Sejarah Vespa Ver.2
Piaggio
didirikan pada tahun1884 di Italia oleh Rinaldo Piaggio. Pada awalnya
Piaggio adalah pabrikan yang memproduksi peralatan kapal, rel kereta dan
gerbong kereta api. Pada saat Perang Dunia Pertama berkecamuk, Piaggio
memproduksi pesawat terbang.
Pada
akhir Perang Dunia II, pabrik Piaggio di bom oleh pesawat sekutu.
Setelah perang usai, Enrico Piaggio mengambil alih Piaggio dari ayahnya
(Rinaldo Piaggio). Pada saat itu perekonomian Italia sedang memburuk,
Enrico memutuskan untuk mendisain alat transportasi yang murah
Dibantu
oleh ahli pesawat terbang Corradino D’Ascanio, Enrico menciptakan
sebuah design alat transportasi roda dua dengan inspirasi dan teknologi
dari pesawat terbang. Konstruksi suspensi monoshock untuk memudahkan
mengganti ban diadaptasi dari roda pesawat terbang, bahkan produk
pertamanya benar-benar menggunakan roda depan pesawat terbang. Starter
dibuat dari bagian komponen bom, serta bodinya terbuat dari aluminium
seperti bodi pesawat terbang.
Menurut
berbagai sumber, Vespa di produksi pertama kali pada tahun 1945. Kata
”Vespa” berasal dari kata ”Wesp” yang berarti ”binatang penyengat atau
lebah”. Memang konstruksi Vespa jika dilihat dari atas terlihat seperti
lebah.
Dalam
perkembangannya, Vespa tidak hanya di pasarkan di Italia, tetapi juga
laris di Perancis, Inggris, Jerman, Spanyol, Brasil serta India. Karena
minat konsumen yang begitu besar, Vespa juga di prosuksi di Jerman dan
Inggris.
Selain
Vespa, pada masa itu juga lahir berbagai merek kendaraan roda dua jenis
ini, seperti Lambreta, Zundap, Heinkel, NSU, Hummel. Akan tetapi yang
hingga saat ini eksis di Indonesia adalah Vespa dan disusul oleh
Lambretta
SEJARAH VESPA DI INDONESIA
Sebenarnya
penulis sendiri tidak tahu persis kapan pertama kali Vespa masuk ke
Indonesia. Mencoba mencari referensi ke beberapa narasumber pun tidak
membuahkan hasil yang konkret. Masing-masing narasumber mempunyai
keterangan yang berbeda-beda, akan tetapi mereka mempunyai persamaan
persepsi, bahwa “Demam Vespa” di tanah air sangat di pengaruhi oleh
“Vespa Congo”. Vespa diberikan sebagai Penghargaan oleh Pemerintah
Indonesia terhadap Pasukan Penjaga Perdamaian Indonesia yang bertugas di
Congo saat itu.
Menurut
beberapa narasumber, setelah banyak Vespa Congo berkeliaran di jalanan,
mulailah Vespa menjadi salah satu pilihan kendaraan roda dua di
Indonesia. Importir lokal turut mendukung perkembangan Vespa di tanah
air.
Sampai
saat ini sudah puluhan varian Vespa yang mampir di Indonesia. Dari yang
paling tua hingga yang paling baru ada di Indonesia. Bahkan teman saya
dari Philipina menyebut bahwa Indonesia adalah surganya Vespa. Sampai
saat ini mungkin masih bisa disebut sebagai surganya Vespa. Maraknya
ekspor Vespa, sedikit banyak mengurangi populasi Vespa di Indonesia.Jenis - jenis Vespa
1. MP5(moto piagio 5) paperino
diproduksi tahun 1943
di produksi akhir perang dunia ke 2 dengan spesifikasi sebagai berikut :
- mesin : 2stroke single sylinder
- bore : 50mm
- stroke : 50mm
- top-speed : 60Km/jam
- transmisi : chain atau cardan
- rem : drum
- ban : 4.00-10
2. MP6 Prototipe
diproduksi tahun 1945
spesifikasi sebagai berikut :
- mesin : 2stroke single sylinder dengan sylinder terbuat dari besi
- bore : 50mm
- stroke : 50mm
- top-speed : 37.28 mph
- transmisi : chain atau cardan
- rem : drum
-ban : 3.50-8
3. Vespa 98 dan vespa 98 II
diproduksi tahun 1946 dan seri kedua dikeluarin setahun setelah itu, di juluki "motoleggera utilitaria vespa"
spesifikasi sebagai berikut :
- mesin : 2stroke single sylinder dengan sylinder terbuat dari besi
- bore : 50mm
- stroke : 50mm
- top-speed : 60 Km/jam
- transmisi : chain atau cardan
- rem : drum
-ban : 3.50-8
tidak ade perbedaan significan disini dibedakan oleh design aja gan cek this
yang ini keluaran tahun '46 (vespa 98)
4. Vespa 98 cc Race dan vespa 98 cc racing (circuit)
diproduksi pada tahun 1947 mungkin disini perbedaan dari seri sebelum nya yaitu adanya penambahan pada kecepatan dari motor ini dan biasa disebut corsa
spesifikasi sebagai berikut :
- mesin : 2stroke single sylinder dengan sylinder terbuat dari besi dan almunium head
- bore : 50mm
- stroke : 50mm
- top-speed : 80km/jam - 98 cc racing : 100km/jam
- transmisi : chain atau cardan
- rem : drum
-ban : 3.50-8
dari segi bentuk silahkan nilai mana yang lebih keren gan...
vespa 98 cc race
5.Vespa 125 , vespa 125corsa "telaio in lega" , vespa 125 corsa circuit
diproduksi tahun 1948 - 1949 ini lah tahun dimana vespa meluncur kan mesin 125cc dan pada tahun ini juga produksi vespa 98 di stop oleh piagio
vespa 125
vespa 125 corsa
nah yang ini agak aneh di bentuk nya unik banged gan... sekarang saya juga dah gak pernah liat ni ... tapi ada yang lebih aneh lagi gan...
vespa 125 corsa circuit
6.vespa monthlery
jenis ini di produksi tahun 1950 dengan model yang lebih sporty dan aerodinamis dengan kecepatan max 136 km/jam , dari segi bentuk emang agak aneh si gan dari sebelum nya
7. vespa 'siluro' dan vespa 125
pada tahun 1951 ini vespa mengeluarkan 2 produk yang berbeda segmen untuk vespa 'siluro' di keluarkan dengan design yang cukup unik sedangkan untuk vespa 125 yang di produksi lagi mirip dengan vespa keluaran tahun 1948 tetapi memiliki kelebihan lebih nyaman untuk dikendarai karena menggunakan suspensi hydraulic shock
vespa 'siluro'
vespa 125 (1951)
Vespa VL1, 1955
Vespa GS V2, 1956
Vespa GS Mk1, 1962
Vespa Super-Sprint 90, 1965
Vespa Primavera, 1968
Vespa Rally, 1972
Vespa New PX, 1998/1999
Vespa ET4, 2001
Vespa LX, 2005-2007
Vespa GTV, 2007-2008
Vespa S, 2008
MOHON MAAF MUNGKIN ADA KESALAHAN POSTING ARTIKEL TENTANG SEJARAH VESPA DAN JENIS-JENIS VESPA.
MOHON KOREKSI.